Liburan Meriah Ramah Biaya

Jakarta, chronosfusion.id – Sebentar lagi akan menyambut bulan Desember yang terkenal akan liburannya dan ramainya turis! Dan tentunya Anda bisa liburan murah meriah asalkan tahu tips dan triknya! Liburan murah meriah bisa terjadi dimana aja asalkan Anda punya niat yang kuat untuk memperjuangkannya. Liburan kadang suka terlihat mewah dan mahal itu kata siapa? Gak mesti kok, liburan itu bisa murah dan meriah.

Tentunya ada syaratnya dong mau liburan murah meriah. Anda harus punya persiapan yang oke banget mulai dari cari-cari tahu tujuan destinasi, tempat tinggal hingga menyiapkan anggaran untuk liburan murah meriah. Disamping itu, liburan murah meriah memberikan suatu pengalaman yang Anda kenang karena salah satu triknya adalah menyelam menjadi orang lokal dan hidup seperti mereka bukan keliatan seperti pendatang atau turis yang cliche.

Dalam tulisan ini Sepulsa akan berbagi hanya dengan Anda tips dan trik liburan murah meriah yang pastinya ramah sekali untuk kantong Anda. Baik Anda berencana liburan dalam maupun luar negeri, Anda tetap bisa lakukan tips dan trik ini  :

1. Rencanakan Liburan pada musim non-peak (waktu yang sepi turis).

Peak season atau waktu yang ramai turis yang biasa terjadi pada bulan dengan banyak perayaan dan libur anak sekolah seperti Desember hingga Januari dan Juli hingga Agustus, membuat seluruh harga naik–harga akomodasi (tempat menginap), harga tiket transportasi antar kota hingga tiket masuk tempat wisata. Tentunya hal ini gak cocok dong jika Anda mau liburan murah meriah. Anda bisa menghemat banyak uang dengan merencanakan liburan saat waktu yang sepi turis atau bulan-bulan yang sepi perayaan sehingga harga tiket transportasi antar kota dan akomodasi tidak mencekik leher. Nah makanya dari itu sebaiknya kamu mulai dari sekarang rajin-rajin mengecek kalender.

See also  Persiapan Berpetualang sebagai Backpacker

2. Selalu cek promo dan diskon penerbangan dan tempat menginap.  Kalau bisa nginap di rumah teman atau keluarga, itu bisa jadi pilihan kok.

Berkaitan dengan poin sebelumnya, biasanya banyak promo atau diskon di musim non-peak yang sebaiknya Anda perhatikan baik-baik. Walaupun diskonnya tidak seberapa tapi uangnya bisa Anda tabung atau gunakan untuk anggaran berliburan. Nah ada baiknya Anda berlangganan newsletter maskapai pesawat terbang, kereta api, atau bus. Bisa juga Anda dengan follow social media mereka untuk update tentang promo yang sedang ada. Ini juga sama halnya dengan menginap.

Sekarang sudah banyak e-commerce yang menawarkan tiket pesawat ataupun menyediakan tempat menginap dengan harga murah dan mereka juga punya banyak promo lho. Kalau ada kesempatan potongan harga tiket pesawat atau menginap murah seperti yang ada di voucher-voucher, Anda bisa gunakan itu untuk liburan Anda. Jadi deh ini liburan murah meriah.  Apa aja sih voucher-voucher yang ada di Sepulsa? Ada diskon menginap di Zenrooms dan Travelio. Terus ada diskon tiket pesawat di Indoflight. Juga ada diskon menginap atau tiket pesawat di Reservasi. Menarik kan?

Orang Indonesia memang terkenal dengan ramah tamah dan hal ini yang bisa Anda nikmati dari menjadi orang Indonesia. Kalau di kota destinasi Anda liburan ternyata ada teman atau keluarga, ada kemungkinan Anda bisa menginap di rumah mereka. Mereka akan berusaha menjadi host yang membuat pengunjung rumahnya merasa nyaman.

3. Kontak teman atau kenalan sodara di tempat tujuan Anda, selain menjaga hubungan mereka bisa menjadi pemandu kamu di kota tujuan!

Sama dengan poin sebelumnya, keramahtamahan ini bisa berupa bentuk lain yaitu mereka bersedia menjadi orang yang memandu Anda di kota mereka. Jika kamu punya hubungan yang baik, mereka akan dengan senang hati mengajak Anda berkelana. Jadikan kesempatan bertemu mereka untuk catch up kabar-kabar, menjalin cerita hingga bertukar pikiran.

See also  Persiapan Berpetualang sebagai Backpacker

Karena teman Anda atau keluarga Anda orang lokal di kota tersebut, ada kemungkinan mereka memberitahu Anda tempat-tempat yang ngehits atau kuliner murah dan enak yang tidak banyak diketahui banyak orang.

4. Pergi kemana-mana lebih baik gunakan transportasi umum.

Anda tahukan, kalau kota-kota yang naik daun sedang mengalami banyak pengunjung dengan mobil pribadinya dan berakhir pada kemacetan jalanan. Macet bikin Anda membuang umur sia-sia di jalan. Nah, agar Anda berkontribusi baik terhadap pengurangan kemacetan Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti angkot untuk mengunjungi tempat-tempat yang Anda inginkan. Selain itu juga murah, dan Anda bisa tanya-tanya dengan warga setempat yang menumpangi transportasi umum itu tentang perihal kehidupan lokal.

5. Jika tempat tujuan bisa ditempuh dengan jalan, mendingan Anda jalan aja biar hemat.

Kalau misalnya tempat yang Anda kunjungi macet dan lokasinya dekat dengan lokasi tempat Anda menginap, Anda jalan aja. Selain menghemat waktu dan uang, Anda bisa berolah raga dan mengamati kehidupan lokal. Kapan lagi Anda bisa berolah raga sekalian berwisata 😉

6. Jauhi tempat yang sering dikunjungi turis, melainkan kunjungilah tempat biasa anak muda lokal hang out.

Memang gak dipungkiri kalau tempat wisata yang sering dikunjungi itu terkesan membosankan dan terlihat tidak menarik lagi karena banyaknya turis yang selfie atau belanja di tempat itu. Tentunya Anda ingin pengalaman yang berbeda dong. Pengalaman yang berbeda ini bisa Anda lakukan dengan mencari tahu mengenai kehidupan anak muda lokal atau menjelma menjadi warga lokal yang sedang menikmati akhir pekan.

Contohnya misalnya Anda ke Bandung, jangan ke mall-mallnya ataupun ke Lembang, Anda bisa cicipi kehidupan anak muda Bandung dengan mengunjungi galeri-galeri terkini. Salah satunya Selasar Sunaryo di Bukit Pakar Timur.

See also  Persiapan Berpetualang sebagai Backpacker

7. Restoran memang menggiurkan tapi kamu akan lebih tergiur dengan pengalaman mencicipi masakan kuliner yang sering dikunjungi orang lokal.

Namanya juga liburan murah meriah, tentunya Anda berusaha menghemat pengeluaran dengan makan di tempat-tempat yang harga murah seperti di pasar, pinggir jalan (kaki lima) ataupun di warung-warung. Tempat-tempat ini adalah yang biasa dikunjungi oleh orang lokal untuk mengisi perut. Anda kalau pergi makan ke tempat ini akan bertemu dengan warga lokal. Sambil makan, Anda bisa nanya-nanya tentang tempat tujuan di kota itu ataupun bertukar cerita sehingga semakin akrab dengan kehidupan perkotaan tersebut. Keinginan Anda untuk melebur menjadi orang lokal akan menjadi pengalaman tersendiri yang bisa Anda kenang.

Itulah 7 tips dan trik liburan murah meriah! Kalau Anda bisa melakukan ketujuh-tujuh tips dan trik ini berarti kamu telah berhasil mewujudkan liburan murah meriah!

Bagikan:

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.