Homestay Balkondes di Magelang Disebut Terbaik di Dunia

Magelang, chronosfusion.id – Pada kunjungannya ke Magelang beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut homestay di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur sebagai salah satu yang terbaik dengan standar kelas dunia. Homestay Balkondes Karangrejo berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Terletak tak jauh dari destinasi wisata populer seperti Punthuk Setumbu (1,05 km), Bukit Rhema (1,2 km), dan Candi Borobudur (1,85 km).

Total terdapat 22 unit homestay yang terdiri atas tiga tipe, yaitu Single, Couple, dan Family. Sebanyak 20 unit berada di area Balkondes, sedangkan dua sisanya di dekat kantor desa. Gaya arsitektur yang diusung oleh homestay ini adalah Joglo, rumah tradisional khas Jawa yang didominasi material kayu. Sentuhan modern tampak di beberapa bagian. Semua unit di Homestay Balkondes Karangrejo memiliki standar khusus keseragaman dalam fasilitas.
Nuansa pedesaan di akomodasi ini terasa sangat kental. Lokasi unit homestay dikelilingi oleh persawahan hijau. Pengunjung juga dapat menikmati panorama alam Perbukitan Menoreh yang indah, membentang dari barat hingga ke timur. Tidak hanya menginap, banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini, di antaranya keliling desa dan menyaksikan berbagai gelaran kesenian di pendopo atau panggung kesenian dengan desain terbuka.

Homestay ini mendapatkan ulasan yang baik di berbagai aplikasi booking hotel. Setiap tipe dilengkapi dengan fasilitas setara hotel berbintang, yaitu AC, area tempat duduk, mesin pembuat teh/kopi, sandal, air mineral, balkon/teras, rak pakaian, TV satelit, dan kamar mandi pribadi dengan perlengkapannya. Setiap sudut homestay terhubung oleh akses internet gratis – WiFi. Terdapat restoran yang menghidangkan kuliner-kuliner tradisional yang khas dari Magelang.

Fasilitas lainnya yaitu tempat pemancingan, pijat, taman, tur, penyewaan mobil dan sepeda, toko souvenir serta shuttle bandara. Setiap tipe homestay memiliki fasilitas hampir sama, yang membedakan hanya pada jumlah kamar. Tidak perlu khawatir kehabisan kamar, selain homestay di Balkondes yang dikelola Bumdes, terdapat juga homestay yang dikelola warga desa dengan mengadopsi standar Bumdes. Tarif menginap di homestay milik warga jauh lebih terjangkau.

See also  Bermain Sambil Belajar Bahasa dan Budaya Jawa Lewat Sibaya
Bagikan:

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.