Bermain Sambil Belajar Bahasa dan Budaya Jawa Lewat Sibaya

Yogyakarta, chronosfusion.id – Bermain sambil belajar adalah cara yang sebaiknya memang dilakukan dalam mendidik anak-anak. Cara ini sangat bermanfaat karena membuat anak-anak tidak merasa tegang untuk belajar, sehingga bisa lebih mudah untuk mengerti dan memahami. Seperti halnya melalui produksi Sibaya, yang menjadi sarana pembelajaran bahasa dan budaya Jawa bagi anak-anak.

Hal tersebut disampaikan GKBRAyA Paku Alam selaku tokoh pemangku kebudayaan di DIY saat menghadiri acara peluncuran papan permainan edukatif Sibaya (Sinau Basa lan Budaya) secara luring terbatas, pada Senin (24/01) bertempat di Gedung Pusat Studi Kebudayaan (PSK) Universitas Gadjah Mada.

“Matur nuwun Pusat Studi Kebudayaan UGM yang telah membuat Sibaya ini untuk permainan anak-anak,” ungkap Gusti Putri.

Menurut istri Wakil Gubernur DIY ini, produksi Sibaya sarat dengan ilmu budaya karena mengandung bermacam-macam unsur untuk pembelajaran Bahasa Jawa dan kebudayaan Jawa.

“Saya bangga dengan adanya permainan Sibaya ini. Semoga anak-anak di DIY bisa memainkan dan mengerti apa itu permainan Sibaya. Karena ini bagus sekali buat anak-anak, di waktu anak-anak senggang, di waktu anak-anak sekolah pun bisa dimainkan Sibaya ini,” terang Gusti Putri.

Gusti Putri juga berharap produksi dari Sibaya ini dapat disosialisasikan kepada anak-anak, tidak hanya di seluruh DIY, tetapi juga di seluruh Indonesia.

Acara yang dipimpin oleh Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM, Sri Ratna Saktimulya ini, turut dihadiri oleh beberapa pihak yang di antaranya, yaitu Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, perwakilan Dekan Fakultas Ilmu Budaya UGM, perwakilan DP3AP2 DIY, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, dan para Tim Ahli Pusat Studi Kebudayaan UGM.

See also  Homestay Balkondes di Magelang Disebut Terbaik di Dunia

Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM, Sri Ratna Saktimulya menjelaskan, Sibaya atau kependekan dari Sinau Basa lan Budaya merupakan papan permainan edukatif berbahasa Jawa yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran muatan lokal.

Bagikan:

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.